Minggu, 31 Agustus 2014

MENCETAK KARTU UNDANGAN SENDIRI dengan Microsoft power point



MENCETAK KARTU UNDANGAN SENDIRI dengan Microsoft power point
Ngomong-ngomong soal cetak-mencetak kartu undangan pasti sobat semua pada tergiur, apalagi yang sudah akan merencanakan pernikahan, wah-wah-wah selamat yaa....saya mau berbagi tentang CARA MEMBUAT KARTU UNDANGAN SENDIRI nih sobat..bagi sobat yang senang dan hobi berkreasi tentunya mencetak kartu undangan sendiri lebih mengasyikan bukan. Selain sobat semua dapat mengkreasikan kartu undangan sesuka hati, hal ini juga dapat menghemat biaya pengeluaran pernikahan. Karena dengan sobat mencetak kartu undangan sendiri dirumah itung-itung meminimalisir biaya dan juga biaya yang tadinya akan digunakan untuk mencetak kartu undangan, bisa sobat gunakan untuk keperluan lain. Selain itu juga, kadang-kadang bagi pasangan yang perfeksionis hal spele tentang kartu undangan saja bisa menjadi masalah besar dan runyam, karena anda dan pasangan anda berbeda selera mengenai model kartu undangan. Nah disini sobat bisa membuat, berkreasi dan mencetak kartu undangan sendiri. Namun cara yang akan saya bagikan berbeda dengan para ahli cetak undangan yang telah ada. Biasanya mencetak kartu undangan menggunakan aplikasi seperti Corel Draw, Photoshop, dll. Nah cara saya disini berbeda, tidak menggunakan dan tidak perlu repot-repot mengunduh (bagi yang belum punya) aplikasi tersebut terutama bagi yang gaptek tentag Corel Draw (seperti saya). Karena saya kesel gak bisa pakai Corel draw akhirnya saya iseng-iseng di powerpoint, ternyata bisa juga (ini mah khusus bagi yag gaptek Corel Draw aja, tapi yang lain juga kalau mau coba silahkan). Selain itu di power poin ini sobat juga bisa edit photo lho...pengen tahu caranya? Di postngan selanjutnya akan saya kasih tahu ya. Untuk kali ini saya membagikan cara membuat kartu undangan dulu ya. Caranya cukup gampang-gampang mudah (hehe), disini kita bisa mengkreasikan kartu undangan hanya dengan menggunakan Power point. Disimak baik-baik ya sobat, cek it dot.....
Yang pertama dan paling utama dalam persiapan membuat kartu undangan sendiri tentunya sobat sudah punya komputer sendiri hehe. Yang kedua komputer sobat ada microsoft power pointnya (kalau yang ini insyallah semua komputer pasti sudah memiliki). Yang ketiga sobat juga harus punya gambar-gambar yang unik dan menarik sepeti kartun, gambar binatang, gambar pohon, atau apa sajalah, jika belum punya gambarnya bisa dicari di google, gambar yang kita butuhkan tidak perlu banyak banyak cukup dua atau beberapalah, kecuali kalau sobat ingin berbisnis membuat kartu undangan kreasi sendiri dengan gambar-gambar yang unik biar hasil kreasinya tidak itu itu saja, nah kalu kita pandai berbisnis bisa mendatangka uang juga kan hehe. Baiklah langsung saja ke langkah-langkah membuat kartu undangan sendiri :
1.      Buka microsoft power pointnya
2.      Pada menu bar ada beberapa menu pilihan. Nah klik menu Insert-shape-pilih shape (bentuk) yang segi panjang.
3.      Atur shape persegi panjag tersebut sesuai dengan ukuran kartu undangan normalnya atau nanti untuk ukuran besar-kecilnya kartu undangan akan saya jelaskan diakhir.



4.      Untuk membuat kotak yang berada di kartu undangan, klik lagi insert-shape-pilih shape yang berbentung segi panjang yang pinggirinya tidak siku-siku (seperti lonjong), atau bisa juga memilih shape lingkaran atau apaun sesuai selera anda. Nantinya tingga menarik dan sesuaikan dengan batas pinggir.


 




5.      Setelah itu kemudian grup kedua shape tersebut. untuk menggrup, block kedua shape tersebut, klik kanan, pilih grup. Setelah di grup, untuk membuat gambar yang serupa blok lagi shape nya, copi-paste. Kemudian tarik hingga menjadi seperti kartu undangan yang terbuka. Setelah itu jagan lupa di grup lagi semuanya.


 





6.      Untuk menghias kartu undangan anda agar tampil secantik mungkin, masukan gambar yang sudah anda siapkan tadi kalau sudah punya tinggal buka di file penyimpanannya. Caranya klik insert-picture-pilih gambar yang sesuai selera, sesuiakan  posisinya di pojok kanan-kiri atas-bawah.
7.      Setelah itu jagan lupa di grup kembali (semuanya), kemudian klik kanan untuk mengcopi dan paste-kan di lembar kerja baru microsoft power point, ini adalah untuk bagian depan kartu undangan.
8.      Untuk mengisi tulisan pada kartu undangannya, klik pada shape yang kedua. Bagi yang belum tahu tulisan untuk kartu undangan bisa merujuk contoh pada kartu undangan lain atau anda juga bisa searching di mbah google.
Untuk mengatur ukuran besar kecilnya kartu undangan. Block semuanya-klik kanan-pilih size-ubah ukuran kartu undangan sesuai dengan ukuran biasa atau sesuai selera. Untu ukuran kartu undanga biasa, biasanya 21,0 cm x 12,5 cm.
9.      Nah kartu undangan hasil kreasi ada sudah jadi. Anda juga bisa menyisipkan photo anda di dalam kartu undangan dan memposisikannya sendiri, setelah menyisipkan gambar atau shape atau kreasi lain, jangan lupa harus selalu di grup agar tidak berantakan.
10.  Kalau hasilnya sudah jadi tinggal di pindahka ke Ms. Word untuk di cetak. Agar hasilnya tidak berantakan klik kartu undangan tersebut-klik kanan-save picture (simpan di penyimpanan file baru anda). Setelah itu buka Ms. Word, masukan gambar kartu undangan dengan cara klik insert-picture-buka kartu undangan di file penyimpanan tadi. (sedikit merepotkan memang tapi buah kesabaran dan kerja keras tidak pernah sia-sia).
11.  Ditunggu segera kabar baik perikahannya ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar