Minggu, 13 Juli 2014

STRUKTUR DAN FUNGSI SEL

Tahukah anda, bahwa tubuh anda tersusun atas ribuan bahkan jutaan ribu sel. Antar sel satu dengan sel lainnya saling mempengaruhi. Tidak percaya? Bayangkan dalam setiap organ tubuh anda jika salah satu sel saja tidak berfungsi di organ mata saja, maka apa yang terjadi? Tidak terbayang kan? Mari simak analogi berikut. Misalkan kita ibaratkan sel itu dengan sebuah gerigi motor. Nah salah satu gerigi tersebut ada yang rusak, bisa jalan gak tuh motornya? Tidak bisa kan. kita harus mensyukuri anugrah yang telah diberikan oleh sang pencipta kita, Allah Swt. Nah, mulai sekarang mari kita perhatikan hal-hal kecil yang ada dalam tubuh kita sendiri sebagai bentuk rasa syukur kita, seperti sel ini yang merupakan serangkaian gerigi dalam tubuh kita ini.

PENGERTIAN SEL
Sel berasal dari kata latin cella yag berarti ruangan kecil. Orang yang pertama kalai menemukan sel adalah Robert Hooke (1665). Ia melakukan pengamatan terhadap sayatan gabus dengan menggunakan mikroskop. Hooke melihat adanya ruagan-ruagan kecil yang meyusun gabus tersebut. Ruangan-ruagan kecil itu diberinya nama sel. Kita ketahui bahwa sel dalam sayatan gabus tersebut bukanlah sel yag hiup melainkan sel mati. Namun pendapatnya yang mengemukakan sel itu menjadikan Robert Hooke sebagai orang pertama yang menemukan sel. Selanjutnya ada beberapa para ahli yang mengungkapkan tentang sel. Robert Brown (1831) mengemukakan bahwa sel merupakan suatu ruangan kecil yang dibatasi oleh membran, yang didalamnya terdapat cairan (protoplasma). Protoplasma terdiri dari plasma sel atau sitoplasma dan inti sel atau nukleus. di dalam inti sel terdapat plasma inti atau nukleoplasma. Pada tahun 1839, ahli fisiologi Jerman . Theodor Schwan mengungkapkan bahwaa semua organisme  tersusun atas sel. Dari mana asal sel itu? hli fisika Jerman Rudolf Virchow menyatakan bahwa sel berasal dari sel yang ada sebelumnya. Teori sel yang berasal dari sel tersebut, diperkuat oleh berbagai eksperimen ahli mikrobiologi Prancis, Louis Pasteur, yang dilakukan antara tahun 1859-1861.

Ukuran sel bermacam-macam. ada yang 1-10 mikron, misalnya bakteri. ada yang mencapai 30-40 mikron, misalnya protozoa. Ada pula yang mencapai beberapa sentimeter, misalnya serabut kapas. Bentuk sel juga macam-macam. meskipun susunan sel sangan kecil, strukturnya (susunannya) sagat rumit dan memiliki fungsi yang khusus setiap bagiannya. misalnya mitokondria berfungsi sebgai penghasil energi, sedangkan lisosom berfungsi sebagai pencerna. bagian-bagian sel tu tidak dapat berdiri sendiri atau terpisah sel seperti yang telah tadi diuraikan di atas bahwa sel seperti gerigi motor, harus berada dalam satu kesatuan yang utuh agar dapat berfungsi secara normal. Antar bagian sel itu terdapat hunbungan saling ketergantungan. Oleh karena itu, sel dipandang sebagai unit terkecil dari makhluk hidup.

Sel merupakan unit (satuan,zarah) terkecil dari makhluk hidup yang dapat melaksanakan kehidupan. sel disebut sebagai unit terkecil karena sudah tidak dapat dbagi-bagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil yang berdiri sendiri. sel dapat melakukan proses kehidupan, seperti melakukan respirasi, perombakan, penyusunan, reproduksi melalui pembelahan sel, dan peka terhadap rangsangan.

Secara struktulal, tubuh makhluk hidup tersusun atas sel-sel sehingga sel disebut satuan struktural makhluk hidup. secara fungsional, tubuh makhluk hidup dapat meyelenggarakan kehidupa jika sel-sel penyusunnya berfungsi. Jadi, kegiatan tiap-tiap sel itulah yang membentuk orgaisme. Oleh karena itu, sel sel disebut juga sebgaai satuan fungsional makhluk hidup. Semua sel makhluk hidup mampu berkembag biak untuk memperbayak diri. Perkembangbiakan itu dilakukan melalui pembeahan sel. Pembelahan sel dilakukan baikoleh organisme bersel satu mauun oleh sel-sel organisme bersel banyak. Sel mengandung ateri genetik, yaitu materi penentu sifat-sifat makhluk hidup. Dengan adanya materi genetik, sifat makhluk hidup dapat diwariskan kepada keturunannya. Sifat-sifat makhluk hidup tergantung pada sifat sel secara individual.

Nah, coba sekarang perhatikan bentuk hidungmu, matamu atau rambutmu? Mirip siapakah kamu diantara ibu dan ayah? Karena sel mengandung materi gentik dan membwa sifat hereditas (keterununan) maka kamu akan terlihat mirip dengan ibu atau ayahmu.

Daftar Pustaka:
Syamsuri, Istamar,.dkk. 2002. Biologi. Jakarta: Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar